Cultural Understanding

Minggu-minggu terakhir ini jadi minggu yang menegangkan buat saya. Pertama, karena ujian yang terus saja jadi pikiran. Dan, ketegangan yang kedua adalah exchange participant (EP) untuk project saya datang di minggu ini. Means, kesibukan untuk njemputin mereka, nganter dan jalan-jalan akan dimulai.

Saya akan memulai bercerita dari kedatangan Ada, exchange participant dari Taiwan. Pertama kali liet Ada, waaa, cantik. Setelah ngobrol-ngobrol eh, orangnya asik banget. Oia, pas jemput Ada, sebenernya uda ada EP dari China juga, namanya Yehan tapi biasa dipanggil Abraham. Dia asiik juga seh, kaya Bao Chun Lai tapi dia lebih 'kecil'. hheeee. Oia, di hari itu Ada dateng bareng Brady, EP dari Taiwan juga. Tapi, mereka beda pesawat, makanya nunggu dulu di bandara sambil ngobrol-ngobrol gitu.

Setelah, berkutat dengan seremoni penjemputan dan serangkaian ujian di keesokan harinya, tibalah saatnya saya bersama OC's dan EP maen bersama, eh, ada tambahan Horeeeee. . . .
tujuan pertama kami adalah rumah para BOA (Board of Advisor) nya AIESEC LC UD. Nah, kunjungan pertama adalah rumah pak Agung K., dimana beliau adalh seorang entepreneur yang sukses. Beliau menghadiahkan kami sekotak coklat besar berisi cranberries dan juga kue lapis semarang yang yummy banget. Ada udah heboh banget pengen motoin semua makanan yang ada disana. Hahaha. .

tujuan berikutnya adalah rumah Oma Yani, beliau ini bekerja sebagai seorang psikolog. Pas kesana itu kami semua disuguhi teh manis dan tahu gimbal. Then, ketiga temen EP saya itu pada histeris pas liet tahu gimbal. Saya yang kebetulan itu duduk sebelahan sama Brady kena hibah lontong punya dia. ga suka dia ternyata sama lontong. Eh, ternyata dia malah suka banget sama tahu, yaudah deh kita malah barteran. Tahu aku kasih ke dia, dia kasih aku lontongnya semua. Kenyangggggg. . .

Hmm, satu pertanyaan yang paling sering mereka tanyakan ke saya adalah mengapa saya berjilbab. OMG !!!! how can explain it ?
Yah, disinilah keinginan mereka untuk mengenal budaya bertemu kebingungan saya untuk menjelaskannya. Ilmu saya pun kadang belom sampe kesana. But, let me try and its okay. Mengenalkan budaya Indonesia dan masyarakatnya agar mereka mengerti budaya kita ternyata asyik juga ko.

Malamnya kami jalan-jalan ke kota lama. Berfoto di gereja Blenduk dan menghabiskan malam disana. Sayang, saya ga bisa ikut sampe malem, saya cuma ikut sampe jam 20.00 saja. Sedangkan mereka sampe jam 23.00. ckckck. Brady yang paling excited tuh, dia uda ambil spot-spot gereja Blenduk dari berbagai sudut. hheeee.

Hari berikutnya saya kebagian jatah jemput Yehan di Nasima. Dia kerja disana soalnya. Tempo hari pas kita mau ke Kota Lama, Yehan bilang kalo motor saya terlalu gede buat saya. Nah, lhoo, karena saya yang jemput mau ga mau saya boncengin juga kan Yehan. Hahaha, dia pas mau naik uda nanya "are you sure ?" terus neh. ga tau aja kali yaa dia aku uda bawa MOBI (MOntor BIru) ku itu selama tiga tahun lebih.

Destinasi berikutnya sebenernya seh mau ke masjid Agung, tapi Brady mau benerin kameranya dulu, jadilah kami maen ke mall. hhaaaa, tapii, kami ke mall nya naik becak, bukan anik motor atau jalan kaki. Ada ni yang gantian excited banget. Dia motoin bapak-bapak yang ngemudiin becaknya. foto daerah sekitar dari becak, pas turun pun dia minta dipotoin di becak. Ada ada saja ni si Ada.

Jalan-jalan muter mall emang udah biasa kan. Tapi bakalan jadi beda rasanya kalo jalan sama bawa bule Asia kaya gini. Alhasil, mba-mba yang jaga di counter kamera agak kerempongan pas liet kami yang terdiri dari 5 orang tapi dua orang nyerocos pake bahasa mandarin, dua lainnya cas cis cus via english satunya lagi dengan bahasa ibunya tanya "mba, kalo mau mbenerin kamera ini bisa ga ?" Perpaduan yang cantik bukan ? ? ?
[foto dari ka-ki : aphied, Ada, Yehan, Yolla, Brady]

Setelah capek muter-muter, kami ngendon dulu deh di mcd citraland. Ngobrol ngalor-ngidul dan makan es krim as usual. Eh, ekor mata saya lalu menangkap suatu fenomena yang tidak biasa. Brady, bawa sampah es krimnya, ke tempat sampah sendiri, lalu meja tempat ia makan pun dibersihin sendiri sama dia. Waaaa, sebuah kejadian unik aja yang ditemui di Semarang.

kebanyakan orang disini bakalan menunggu pihak restoran/cafe buat bersihin sampah atao meja. Tapi, hari itu aku liat sendiri gitu. Mereka bersih sekali. Pernah denger juga seh dari Serra, EP Indonesia yang pernah internship di Taiwan, kalo orang Taiwan emang cinta kebersihan kaya gitu. Membersihkan meja tempat dia makan kaya uda jadi habit aja buat mereka. Tapi, saya baru menyaksikannya hari itu. Ya, saya sangat bahagia sekali bertemu mereka.

Shadow

lagi seneng aja neh nguplotin foto-foto yang punya tema-tema unik. kalo kemaren-kemaren di blog saya ini sudah sharing tentang tema komposisi, sekarang gantian tentang bayangan yaa.

foto pertama kali yang saya ambil begitu tau kalo ngambil gambar bayangan asik juga. coba tebak bayangan apa coba foto di bawah ini ? Yups, bener banget. Lima orang anak manusia yang sebenernya sih lagi kepanasan, terus nunduk gitu. Voila, jadilah foto seperti ini. LoL !


foto yang saya ambil pas ada di pagilaran, pagi-pagi sekali, sekitar pukul tujuh. Keliatan kan bayangannya kaki lebih panjang dari tubuh. haha. .





foto yang sempet jadi primvot ym neh. Ngambilnya agak sedikit perjuangan neh. Diambil dari atas motor, lagi gerak pula motornya, plus jalannya ga rata. Keguncang terus thu kamera, tapi, untungnya hasilnya tetep bagus kan. Dengan latar sawah-sawah, hmmm, saya kasih jempol untuk foto ini. Siapa mau kasih jempol juga ??
hheee. . . .
.

Sebenernya apa enaknya sih nge-capture foto bayangan kaya gini ?
saya pribadai sih menilai lebih artistik aja. Emang seh, belum sejago para fotografer yang bisa nangkep bagus dengan sentuhan shadow. saya masih harus banyak belajar neh. At least, ketiga foto diatas cukup lah untuk pemula. Tinggal diupgrade dikit lagi aja. haha. . .

Karya Ishop Terbaru dan Sebuah Lagu

Lagi ga bosen ni, ujian ga kelar-kelar, tugas numpuk, hobi berenang yang ga kesampaian terus gara-gara wiken pasti adaaaa aja kerjaan, menjalani peran pula sebagai oc comm, dan tanggung jawab sebagai anak dari kedua orang tua saya.
haaaaa, daripada semangadh buwat menjalani semua peran tersebut dengan sama baiknya, kadang-kadang susah. Tapi, saya ga mau nyerah ahh, karna saya GA BISA NYERAH !

daripada daripada uring-uringan ga jelas, mending main sotoshop, eh, jadilah quote kaya di bawah ini. isi di dalemnya lagunya Endah n Rhesa, yang judulnya A Thousand Candles Lighted.
Recommended banget ni lagu.
Melodinya ademm, liriknya juga dalem.

Jadi Admin Ituuuu. . . .

Sekarang saya jadi admin lhooo a.k.a administrator. Jadi, ceritanya saya di aiesec kebagian jadi oc comm (organizing committee communication). Nah, description job nya tu kaya bikin poster, flyer, , desain kaos, dan media tools lainnya. Termasuk facebook, twitter, dan blog. Then, tadi saya barusan benerin blog kerjaan saya. Aselinya seh templatenya masih biasa banget, masih pake template bawaan dari blogspot.

Eh, tadi malah disandera Raras dan Della di kampus buat benerin blog mereka. Jadi ikutan searching-searching template yang lucu-lucu deh. Pas liet blog mereka uda jadii, waaaa, bagus yaa template-template sekarang *sambil liet blog sendiri*, blog saya sudah lama sekali ga pernah ganti template lagi sejak insiden hapusnya seluruh aksesori blog dan link teman saya. huhu. .

Makanya blog saya ini terus saja memakai template biru keren ini sejak 2007 lalu. Hmm, sepertinya template biru ini juga kereen ko di taunnya, sampe sekarang juga seh. haha, makanya saya cinta template ini. *padahal uda males ngulangi bikin shoutbox, visitor counter, link, dan aksesori lainnya*

Ok, balik lagi ke blog kerjaan saya, karena saya ngerasa blog ini potensial banget buat dikembangakan, tergodalah saya buat ikutan ganti template blog kerjaan saya yang masih aseli itu ke template yang lebih modern. Ternyata. . . . . keren juga sekarang blognya ! Terus ditambahin aksesori juga deh, ada shoutboxnya juga lhoo sekarang. Aplikasi ini WAJIB ! *ya iyalah, web 2.0 gituu. . .*
Aplikasi yang lainnya, insya allah nyusul dengan segera. Sering-sering yaa berkunjung kesana. Hheee. . . .

Beginilah naluri seorang admin, liet blog dikit pengen di utak-atik. Untung uda kebiasa nge-maintenance blog saya ini. Jadi, yaaaa, ENJOY AJAA. . . . . !

Selamat ngeblog. ^^

Donwload Cara Mudah

akhir-akhir ini banyak banget temen-temen saya yang mantengin internet ni. Apa pasal ? ternyata tugas pertekom/ti mengharuskan tiap anak untuk berkontribusi dalam internet. Nah, masalahanya adalah banyak temen saya itu yang bikin video. terus diuplotin di yutub. Jadinya kan susah noh kalo mo liet videonya via offline.

Hmm, ga perlu susah-susah lagi deh. donlot aja videonya langsung. bisa dinikmati via offline. haha. Tapiiiii, ga punya software buat donlotnya. Ahhh, klasik banget. Coba deh pake keepvid.

Gampang banget ko pakenya. Tinggal buka halaman http://keepvid.com terus masukin url video di youtub yang mau di donlot. copas aja di kotak paling tengah.
habis itu ntar muncul kode-kode, masukin aja. terus donlot deh. udah gitu aja.
Ga perlu repot lagi kan buat donlot video.

Ntar videonya bisa diputer via winamp ato windows media player ato GOM. tinggal pilih lah. hoho.

eniwei, ini ada video yang telah saya donlot sebelumnya dengan cara diatas. Bagus deh lagunya, termasuk lagu favorit saya juga seh sebenernya. Simak deh liriknya, pas banget buat nambah semangat di kala musim ujian seperti sekarang ini. cekidot. .


video

You Are The Universe - Brand New Heavies
You're the future, and you've come for what is yours
The hidden treasure, locked behind the hidden doors
And the promise of a day that's shiny new
Only a dreamer, could afford this point of view
But you're a driver, not a passenger in life
And if you're ready, you won't have to try 'cause

You are the Universe
And there ain't nothin' you can't do
If you conceive it, you can achieve it
That's why, I believe in you, yes I do

You're a winner, so do what you came here for
The secret weapon, isn't secret anymore
You're a driver, never passenger in life
And when you're ready, you won't have to try 'cause

You are the Universe
And there ain't nothin' you can't do
If you conceive it, you can achieve it
That's why, I believe in you, yes I do

You are the Universe
And there ain't nothin' you can't be
If you conceive it, you can achieve it
That's why, I believe in you, and I believe in me

You're a driver, not a passenger in life
And when you're ready, you won't have to try 'cause

You are the Universe...



aio semangadh teman-teman bwt uasnya !
hoho. . .

"Like This" Untuk Hendri Mulyadi


Siapa kemarin Rabu yang liet pertandingan timnas Indonesia vs Oman ?
Well, saya mengaku ngga nonton. Padahal, dari pagi uda wanti-wanti mw nonton. Tapi apa daya, kalo uda di depan komputer, bawaannya uda lupa sama tv. haha. .
Ternyat, pas malam hari, saat saya rehat sejenak, nonton metro tv, eh, ada berita ada supporter Indonesia masuk lapangan saat pertandingan memasuki injury time.

Namanya Hendri Mulyadi, pemuda berusia 20 tahun bisa masuk ke area lapangan dengan meloncati pagar pembatas. Dan, uniknya, dia masuk lapangan terus mengocek bola. Seolah-olah dia jadi pemain ke dua belas dari pasukan merah putih. Kiper Oman ternyata juga siap siaga meskipun Hendri hanyalah 'penyusup' saja. Sayang, usaha Hendri ini membuahkan gol bagi timnas. Dan, timnas terpaksa harus mengakui keunggulan Oman 1-2 yang berarti menghentikan langkah Indonesia untuk berada di putara final Piala Asia.

Jujur, saya merasa terhibur dengan aksi Hendri ini. Meskipun saya hanya menyaksikan cuplikan beritanya saja dari tv. Coba kalo saya beneran liat pertandingannya, perut saya pasti terpingkal-pingkal saking gelinya.

Aksi Hendri ini ternyata membuat dia menjadi famous seperti sekarang ini. Meskipun dia mengatakan bahwa tindakannya bukan menjadi terkenal. Simak pernyataan Hendri berikut yang diulas di beberapa media:
"Bukan motivasi saya menerobos ke lapangan, tetapi karena saya sangat kecewa dengan penampilan tim nasional. Enggak tahu kenapa saya bisa melakukan itu. Mungkin masyarakat Indonesia juga kecewa, Indonesia kok enggak pernah menang. Mungkin saya saja yang berani berbuat nekat seperti itu,"

Nah, kecewa, itu kata yang digunakan Hendri sebagai alasan mengapa ia bisa berbuat nekat seperti itu. Di beberapa artikel terkait yang saya baca, ada yang menyebutkan bahwa petugas keamanan yang berada di sekitar tidak merespon tindakan Hendri ini. Baru, setelah wasit kedua yang berasal dari China menyadari ada penyusup di belakangnya, petugas baru tanggap.

Berbicara tentang rasa kecewa terhadap timnas pun juga mendera saya. Saya juga seorang penggemar sepak bola. Dulu, saya selalu senang melihat permainan tim merah-putih di kancah internasional. Masih inget cerita tentang Indonesia yang 'bisa' menang melawan Singapura pas piala Tiger dulu ?
Kekuatan Indonesia saat itu di atas kertas jauh berada di bawah Singapura. Tapi toh bisa masuk final. Meskipun akhirnya kalah di final. Tapi saat itu saya bangga. Bangga karena para pemainnya bisa menampilkan permainan yang elok dan menawan. Semangat dan daya juangnya terasa tidak pernah habis. Dan, ketika kalah, mereka kalah terhormat !

Bandingkan dengan kondisi sekarang. Timnas rasanya bermain ala kadarnya saja. Ngga heran kalo kemudian banyak yang ngedukung tindakan Hendri, Rabu lalu. Tindakan Hendri itu juga seharusnya menyadarkan pengurus PSSI bahwa ada yang ngga beres dengan kepengurusan mereka. Orang dari ketua umumnya aja udah ga beres. Gimana mau mendidik anggotanya buat jadi beres juga ?

Wahai bapak-bapak yang duduk di kursi pengurus, tolong dunk denger keluhan kami. Sepak bola bukan cuma milik bapak-bapak, tapi sudah milik seluruh warga Indonesia. Kalo memang banyak kebijakan yang ngga sesuai ya diganti dunk. Masak iya, masih mau nerusin kebijakan setiap klub ada 5 pemain asing. Apa untungnya buat timnas coba ? ok, pemain asing 'mungkin' punya skill yang lebih, tapi bukan berarti pemain asing sama dengan banyak pemain lokal yang kemampuanmya terlatih. Dengan latihan yang keras dan kompetisi yang sehat pun mereka mampu kok bersaing dengan pemain asing. Tinggal gimana para stakeholdernya memoles mereka.

Para stakeholder di Inggris saja uda pada nyadar kalo mereka merasa 'terjajah' dengan banyaknya pemain asing yang berlaga di Liga Inggris. Masak iya Indonesia mau digituin terus ?
Please, dehhh. . . . . . .

Makanya, begitu ada kejadian kaya gini, saya bener-bener appreciate buat Hendri. Ada juga orang yang rela 'mengorbankan' dirinya buat diringkus petugas, dilempari botol air mineral. tapi, melakukan tindakan real buat menyatakan kekecewaannya. Hendri, terima kasih !


source foto : www.kompas.com

Bumi Itu Sempit, Eh ?

Akhir-akhir ini temen-temen kampus saya lagi holic ngeblog neh *senang, senang*. Nah, barusan aja saya keliling meninjau blog mereka. Eh, ga taunya nemu video ultahnya soso. Videonya isinya temen-temen juga yang ngasih testimonial ke soso. Pas di liet lebih jauh lagii, weittsss, ko yang ngasih testimonial kaya eric , temen blogger saya yang berasal dari malang, yaa ?

Waaaa, klo bener, gyahahaha, ternyata dunia sempit juga yaa. kalo salah, saya ganti deh judul postingan ini. hheee.

eric, aio konfirmasi. itu beneran km ato ga ?

Sore Ini di Bawah Jembatan Kala Hujan Turun

Hari keempat di tahun 2010.
Pagi, matahari uda maen panas aja pas saya keluar pukul 09.45. Terus, baru pulang sekitar jam 15.00 gara-gara rapat sama OC's ! Uda gitu pas liet langit, tjjaahhhh, mendung banget. moga-moga ga ujan deh. Tapi, ternyata, UJAN ! deres pula ! Ditambah ga bawa jas ujan pula. Alhasil, berteduhlah saya di bawah jembatan medoho.

Awalnya, uda maen ngedumel sendiri gara-gara terjebak ujan. Eh, semenit kemudian, ada yang menarik. Guess what ? Saya jadi bisa ngamatin tingkah laku orang yang sedang berteduh juga. Struktur orang yang berteduh tadi ada berbagai macam jenis manusia. Ada ibu-ibu yang misuh-misuh ga jelas. Ada mba-mba yang kondisinya sama kaya saya, keujanan, basah, dan ga bawa jas ujan. Ada bapak-bapak bawa jas ujan, eh, tapi tetep nongkrong di sana dan mengobrol sama mas-mas tanpa jas ujan yang lagi bawa kardus obat. Dan, ada banyak lagi.

Eh, ternyata, dari yang sekian banyak 'manusia asing', banyak juga yang bisa diambil pelajaran dari mereka. Obrolan tentang hujan, pekerjaan mereka, keluh-kesah tentang ujan, cara mereka bersyukur, anak, hmm, semuanya bisa aku dapetin cukup dengan 'memandang' mata mereka dan 'mendengarkan' cerita mereka. Cukuplah untuk hiburan batin saya yang sedang meracau akhir-akhir ini. Biasanya, saya selalu nggeblas aja kalo ujan, maklum jas ujan selalu ada di bagasi motor. Tapi, sore ini, Tuhan punya rencana lain, Dia ingin saya bersyukur juga rupanya. Hujan sore membawa cerita yang indah.

Sosialisasi ga perlu harus di cafe ato ke mall aja kan ? ternyata, di tempat (yang sering diremehin) seperti kolong jembatan ini pun masyarakat bisa menjalin keakraban dengan orang yang tidak kenalnya. Begini nih, efek kuliah di komunikasi, ada keramaian dikit aja, langsung pengen dianalisa pake teori-teori sosial. *mulai ngelantur*

eniweii, selamat taun baru ! (postcard ini saya bikin sendiri lhooo, pake coral + potoshop)

Taun baru biasanya identik dengan resolusi dann. . .resolusi saya taun ini adalah *jeng. . .jeng. . .jeng. . . .biar kesannya dramatis gitu*
BEASISWA !!!!!!
amin. . .amin. . . .amiinnn. . .
wanna be cumlauder jg. haha. *emang ada gitu cumlauder ?*

itu resolusi dunia pendidikan, dunia seni saya mau jadi
finalis CARAKA FEST 2010, yang bakal launching ntar mei, kategori print ad !
amin. . .amin. . .amiinn. . .
caraka 2009 lalu uda ikutan di script radio, tapi, yah, tidak berhasil disana. Okay, saya terima itu, dan saya belajar lagi sekarang. moga2 bisa tercapai yak. saingan print ad ngerii booo. Orang saya aja liet karya anak-anak yang pada ikutan CARAKA 2009 kategori print ad uda geleng-geleng. Supriiit, keren abiisss. . . !

Last, but not least, project saya ROAR 2010 SUKSES !!!!!!
amin. . .amin. . .amiinn. . .