Menantikan lahirnya Taufik Hidayat yang Baru



Kamis, 29 januari 2009 lalu, taufik Hidayat, resmi mengundurkan diri dari pelatnas. .
buat sebagian penggemar Taufik, tentulah tidak mengherankan, mengingat Taufik juga pernah ngambek tahun 2001 lalu.

Alasan taufik mundur tahun 2001 lalu, adalah karena tidak dipanggilnya Mulyo Handoyo, pelatih yang menanganinya sejak tahun 1996. Saat itu, Mulyo melatih di Singapura dan Taufik berniat mengikutinya. Namun, taklama, Taufik kebali lagi ke Indonesia bersama Mulyo Handoyo, dan setelah itu Medali Emas Olimpiade Athena jatuh ke tangannya. Kemudian disusul oleh Kejuaraan Dunia tahun 2005.

Tidak heran jika pada setelah Olimpiade Athena Taufik pernah bilang kalau kemenangan nya di Athena ditujukan oleh pelatihnya, yaitu Mulyo Handoyo. Ekspresi yang terpancar waktu Taufik mengalahkan pemain Korea -namanya sapa, lupa, kayanya sih Seung Mo Shon-, dia peluk tuh pak Mulyo Handoyo.

Secara pribadi sih, aphied mendukung penuh keputusan Taufik ini.
coba deh simak hasil wawancara wartawan BOLA.com dengan Taufik yang aphied copi dr situsnya BOLA
Apa alasan mengundurkan diri dari pelatnas?

Keputusan ini tidak diambil dengan dasar emosi. Tak dipanggilnya pelatih saya, Mulyo Handoyo, bukan alasan utama. Saya sudah memikirkan dan merencanakan hal ini sejak lama. Setelah meraih emas Olimpiade 2004, hal ini sudah terlintas. Tapi, banyak pihak meminta saya untuk menunda rencana ini karena saya dinilai masih bisa berprestasi.

Saya berharap keputusan ini membuka jalan pemain lain untuk lebih termotivasi dan berprestasi. Semoga setelah saya keluar regenerasi berjalan dengan lebih baik. Sudah saatnya pemain lain diberi tanggung jawab seperti yang pernah saya rasakan.


Setuju sekali ka' taufik. Sudah saatnya junior-junior di pelatnas di beri tanggung jawab untuk berprestasi. Liet deh, sekarang, siapa sih bisa diandalin dari sektor tunggal putra?
Soni ato Simon okelah. *nama-nama yang lain seperti Tommy Sugiarto, dipending dl yak*. Tapi, seringnya dibekap cedera membuat Sony jadi jarang diturunkan. Begitu halnya dengan Simon. Pemain yang digadang-gadang menjadi tunggal putra pelapis Taufik, belum menunjukan performa yang menakjubkan. Penampilannya masih sering up n down.. Secara teknik bermain, ketiganya memang tidak terlalu jauh. namun, Taufik memiliki mental yang lebih kuat dibandingkan dengan Sony Dwi Kuncoro ataupun Simon Santoso.

Menurut aphied sih ya, PBSI harusnya lebih mengutamakan pembinaan bagi generasi di bawah Sony dna Simon. Memang keduanya masih bisa diandalkan. Namun, tidak ada salahnya mencoba mengirimkan pemain-pemain muda ke berbagai event internasional. Hal ini dimaksudkan agar mental pemain yunior terbentuk. Dan, mereka tidak perlu merasa takut atopun minder dengan lawan dengan peringkat kecil.

Liet deh,Malaysia. Kekuatan pemuda-pemuda nya mulai terbentuk. Ini pun merupakan hasil dari pembibitan dan pembinaan jangka panjang. Jadi, harusnya PBSI pun tak ragu lagi untuk mencari dan membina bibit-bibit potensial yang ada di klub-klub daerah untuk dijadikan tulang punggung tim merah putih.

So, hengkangnya taufik Hidayat ini tidak perlu disikapi dengan kekhawatiran akan mandhegnya prestasi bulutangkis sektor tunggal putra. Namun, ini merupakan celah dimana para junior mampu berkembang tanpa bayang-bayang seorang Taufik Hidayat. Bukan tid mungkin akan tercipta Taufik-Taufik yang lain. Kita nantikan saja. . .




sumber: bolanews.com
foto: kompas.com
14 Responses
  1. Didiet Says:

    lah terus kalo gak ada taufik ni indonesia gimana dooonkkk


  2. aprie Says:

    sudah saatnya ada regenerasi..
    daripada ngejagoin taufik tapi kalah mlulu.
    hahaha..


  3. arvernester Says:

    Jadi yang muda lebih diutamakan dulu neh?


  4. Kalau aku latihan intensif mulai dari sekarang kira2 masih bisa nggantiin Taufik gak ya?

    **ngimpi**

    Yah...aku cuma bisa bantu doa phied...semoga Presiden yang terpilih mendatang punya perhatian khusus tentang pembinaan olahraga di tanah air. :)


  5. RiP666 Says:

    yah smoga taufik punya bibit buat nerusin babenya hehehehe


  6. ririn Says:

    wekekeke,, kok dadi serius negene pid, posting'e...
    weitss,,, komunikasi ki,, dadi kritis mbek p'soalan bangsa.. wkekekek

    he,he,, boleh2,, cari yang baru,, tapi yang ganteng,, heheheh (lol)


  7. volver Says:

    kasian ya taufik hidayat

    tapi yah , demi regenerasi

    www.volverhank.com


  8. aphied Says:

    @ didiet:
    pasti bs tnp Taufik.dan harus bisa.haha. .



  9. aphied Says:

    @ arvenester:
    bgtlah seharsnya. .


  10. aphied Says:

    @ andri:
    waduw,,dok,,jgn alih profesi gt dunk.hoho. .



  11. aphied Says:

    @ ririn:
    taufik lover rin,,mkne pgn ngulas taufik.haha. . .


  12. aphied Says:

    @ volver:
    emg sdh shrsnya ky gt kn?