Tentang CARAKA

Rabu kemarin (10/6) si aphied dengan penuh kesadaran mengantarkan entri CARAKA ke gedung pers yang berada di daerah Mugas. CARAKA apaan seh ?
Jadi CARAKA itu adalah festival kreatif yang diselenggarain oleh PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia ) yang bekerjasama dengan HMJ Ilmu Komunikasi FISIP Undip, DKV Unika Soegijapranata dan Playon Kreadtiv.

Ada 5 kategori yang dilombakan, yakni, Print Ad, Radio Script, Graphics Gesign, Fotography sama Desain Kemasan. Rencana awal, aphied mo ikut di 2 kategori, setelah melihat, menimbang kondisi yang ada akhirnya, aphied memutuskan untuk join di Radio Script aja.

Sebenernya kalo liet temanya "Recycle For Circle" banyak hal yang bisa dieksplor lewat fotografi. tapi, waktu buat hunting itu NOTHING. So, biar temen-temen yang lain yang kirim entrinya.


Singkat cerita, pas masuk gedung pers itu linglung banget. Maklum, baru pertama kali menginjakkan kaki disana. hehe. . Setelah itu masuklah si aphied ke ruang PPPI yang notabene merupakan ruang penyortiran entri-entri CARAKA yang udah masuk.


Di ruangan itu lagi ada 3 personil yang jaga, setelah aphied merampungkan urusan administrasi plus benerin amplop yang masih polosan (baca: ga ada tulisan kepada, dari, dan judul entri, beginilah jadinya jika mnegerjakan entri dalam waktu 2 hari saja.) baru deh mengedarkan pandangan ke seluruh ruangan. Hmm, tidak ada yang menarik. Pas salah seorang personil CARAKA ngrobek amplop entri print ad dari salah seorang peserta. Wow ! Speechless . Entri nya keren, masih mbatin dalam hati.

Yang terjadi beberapa menit kemudian adalah aphied lagi ngubek-ngubek entri-entri yang sudah masuk, baik itu Print Ad, Graphics Design, Photography, ataupun Radio Script. Yang pasti seh, minta ijin ma panitia dulu dunk. .

Bikin Print Ad yang bagus itu ga mudah. Butuh perjuangan untuk menyampaikan pesan biar yang baca bisa nangkep maksudnya. Disini juga butuh kreativitas yang tinggi, biar hasil karya tersebut menarik orang buat baca.

Ada satu karya Print Ad yang mengusik aphied Rabu itu. Inti pesannya dia cuma bilang " Buat apa memakai kertas baru hanya untuk memenangkan lomba ini. Lalu apa gunanya tema ini diangkat ?"
-kurang lebih tulisannya begitu-
Then, si pembuat Print Ad tersebut ngeprint hasil "kreativitasnya" itu di balik poster CARAKA yang notabene di tempelin di papan-papan pengumuman.
Yeah, kena deh !


FYI, yang ngirim Print Ad banyak banget. Bagus pulak ! Disini Aphied merasa beruntung tidak mengirim entri Print Ad. Hehe. .
Aphied aja bingung kalo misal disuruh milih 10 karya buat di jadiin finalis. Maklum aja seluruh Indonesia gitu. Tapi, jangan takut, juri-jurinya CARAKA kompeten ko. Bisa di cek di websitenya CARAKA http://carakafestivalkreatif.wordpress.com *tjjjah, promosi*
Sepemantauan nya Aphied seh, karya paling banyak berasal dari Jogja dan Bandung. Ada juga tuh satu peserta dari Bandung yang mengirim entri untuk semua kategori kecuali Desain Kemasan. Ga nanggung-nanggung pula, dia ngirim Print Ad 3 biji. Maknyus. . .maknyuss. . .

Fotografi mengalami hal yang sama dalam jumlah peserta. Buaanyakkk. Apalagi tiep orang boleh mengirim maksimal 3 foto dalam satu formulir. Kebayang kan berapa banyak foto yang masuk ?
Pas disana sempet terjadi debat kecil antara aphied dan mba dani, salah seorang panitia CARAKA pas ada foto tentang Lawang Sewu.
Aphied : "mba, ini kan. . .?" (sambil nyodorin foto Lawang Sewu)
Mb Baik Hati : "ya,iya. . ." (kayanya mudeng apa yang dimaksudkan)
Aphied : "Apa hubungannya sama lingkungan ?"
Mb Baik Hati : "ya ga tau. Orang ngirimnya itu kok."
Aphied :"Laah, tapi mb, kan Recycle For Circle temanya, ini ?"
Mb Baik Hati : "Ya udah biarin aja, kan fotonya ada 3. Lagian orangnya juga maunya mau ngirim gambar itu kok, kamu yang repot."

Omaigot,

Liet foto-foto yang bagus memiliki daya tarik tersendiri buat aphied. Dari entri yang masuk yang sempet aphied liet. Kebanyakan unggul di kualitas gambarnya, tapi angle yang diambil banyak yang umum. Tempat sampah, pemulung, hutan, masih menjadi primadona. Meskipun ada juga yang sudah excellent.

Tentang Radio Script, hmmm, agak susah ngomentarinnya. Pas numpuk entri punya aphied sendiri, udah hopeless. Bisa masuk finalis aja, udah berkah banget buat aphied. scriptnya pada unik. Kaka tingkat aphied di komunikasi kata-katanya malah nonjok abis. Gede pula dia nyetaknya. dibandingkan punya aphied ? Berharap tangan malaikat aja deh yang bekerja. Doakan saya ya kawan. . .
hhe ^^

Entri Design Graphics lumayan memikat juga. Tapi, sayangnya aphied udah terlanjur cinta sama entri Print Ad, jadi ga ngamatin entri design graphics baik-baik deh. satu hal yang aphied catet, ternyata, salah seorang kaka kelas aphied waktu SMA yang sekarang di ITB ikutan juga. Ah, liet kartunnya lucu banget. *mav subjektif*

Desain Kemasan sepertinya paling sedikit pesertanya neh. Mungkin pada bingung kale ya bikin dummy nya. Para pesertanya boleh seneng neh, kesempatan jadi finalis terbuka lebar. Hahaha. . .

Entri uda ditutup tanggal 10 kemaren, moga-moga karya aphied bisa jadi finalis. Sukur-sukur menang. amien.

So, buat kamu-kamu yang belum ngirim taun ini, jangan lupa ikutan di CARAKA berikutnya yaaa. . .








5 Responses
  1. RiP666 Says:

    wahhh keren phied...coba di tampilin donk ... tak bantu doa moga menang wehehehe



  2. ririn Says:

    wah,,sepertinyaa,, seru.
    hm.. radio script ki piye to? *ndeso mode on ki,hahaha,,

    yo,, lawang kan recycle juga.. kalo ga recycle.. itu diancurin,,bikin hotel hilton,wkwkwkw..

    he, kk kelas smaga'ne sopo pid? mas fiki?


  3. volver Says:

    wauw keknya keren deh , jadi iri -_-


  4. astri Says:

    @ ripp :
    blm bs ripp, kmr mw ak ft, tp kn blm msk penjurian.

    @ jese:
    tengsss. .

    @ ririn :
    Ms faikar. lucu banget wis tho. .
    googling wae ah. .
    kw og rin, ra melu. .
    seru lhow padahal. .

    @ volver :
    mknya ikutan. .