Dugder di Ciwalk

Semarang punya gawe besar saben taon. Tw ga apaan? SPA, jelas bukanlah, orang SPA juga baru tahun ini. Hmm, pameran bukan? Ah, udah biasa. Lalu apa dunk?
Klo di Solo sana punya Sekaten, Semarang ngga ketinggaln boss, punya dugder euy,,

Nah, sekarang bisa ngebayangin ngga dugder yang dulunya berada di tengahan Johar sana kini pindah ke daerah ciwalk? Eumm, emang sih, dugder udah lama pindah ke daerah polder udah 2 tahunan yang lalau. Lah, klo yang ini pindah ke ciwalk alias city walk.

Awalnya aku asik-asik aja Semarang punya ciwalk(waktu itu lagi gencar-gencarnya promosi SPA). Jadi berasa kaya di Bandung gitu. Eits,, baru sekitar semingguan nikmatin pemadangan ciwalknya Semarang yang asli puanas banget (sekalipun ada po`onnya, tapi po`onnya masih kecil banget, blum kuat menghisap seluruh panas) tapi Ok banget (soalnya pavingnya warna-warni) aku dikejutkan dengan adanya celengan-celengan sapi, macan, dan teman-temannya yang udah berjajar rapi melingkar di sekitar polder.

Hey,, dugder udah mo mulai bOss(baru sadar, coz ngga pernah inget kalender kecuali liet kapan hari libur),, sebenernya bOss, ni postingan mw aku tulis jauh-jauh hari kemaren waktu aku baru aja ngliet pemandangan itu, tapi apa daya baru terlaksana sekarang. Tapi, yap, takpapalah, sekarang malah banyak hal yang bikin ni postingan jadi tambah panjang aja.

Balik lagi ke Ciwalknya Semarang,, aku yang tiep siang lewat sana hampir ngga ngerasain bedanya waktu dugder sama waktu ngga dugder. Coz yang nambah parah paling macetnya doank, lainnya sih, masih normal-normal. Dilihat sari sudut pengunjungnya juga ngga terlalu signifikan. But,,, itu siang hari, ternyata klo malem,, wuih, jangan tanya deh, beneran kaya Johar di siang hari deh. Semua orang kaya tumpah ruah ke dugder. Mo yang anak kecil, balita, ibu-ibu, bapak-bapak, adek, kakak, kakek, nenek, semuanay ada deh. Gila komplit banget!

Dan parahnya lagi, si Peluit tukang parkir sahut-sahutan buat manggil motor atopun motor buat parkir. Yaelah.. Betapa katroknya dirikuw ini yang tidak pernah tw klo Semarang rame juga malem-malem kaya gini. Ngga nyangka aja, dugder bakal jadi semeriah ini di malem hari. Berasa kaya di antara paser malem nan besar sklii. Dulu, waktu aku jamannya masih kecil siang aja udah rame skli. Tapi, aku ngga pernah tw klo malem gimana. Huh, bener-bener katrok! Klo biasanya yang aku liet sih, yang aku liet di polder Tawang mah, orang mojok doank. Tapi, kali ini bener-bener beda. Ada sesuatu yang aku syukuri bahwa aku masih berKTP Semarang. Bener-bener perjalanan malem specialkuw deh.. Jadi ngga nyesel nglewatin Grand Finalnya Mamamia. Hehehehehe…

Hmm, jadi mikir knapa Dugder di malem hari jadi rame kaya gitu ya? Mungkin orang pada males kali ya ke Polder siang-siang( secara ya, klo siang emang puanas buangettt…). Ato mungkin karna hari ini adalah udah saatnya dugder udahan. Jadinya orang-orang pada ngga mw nglewatin? Ya, apapun alasannya dugder merupakan tradisi yang wajib banget buat terus dilestarikan. Selain karena terbukti mampu membantu
0 Responses