Cultural Understanding

Minggu-minggu terakhir ini jadi minggu yang menegangkan buat saya. Pertama, karena ujian yang terus saja jadi pikiran. Dan, ketegangan yang kedua adalah exchange participant (EP) untuk project saya datang di minggu ini. Means, kesibukan untuk njemputin mereka, nganter dan jalan-jalan akan dimulai.

Saya akan memulai bercerita dari kedatangan Ada, exchange participant dari Taiwan. Pertama kali liet Ada, waaa, cantik. Setelah ngobrol-ngobrol eh, orangnya asik banget. Oia, pas jemput Ada, sebenernya uda ada EP dari China juga, namanya Yehan tapi biasa dipanggil Abraham. Dia asiik juga seh, kaya Bao Chun Lai tapi dia lebih 'kecil'. hheeee. Oia, di hari itu Ada dateng bareng Brady, EP dari Taiwan juga. Tapi, mereka beda pesawat, makanya nunggu dulu di bandara sambil ngobrol-ngobrol gitu.

Setelah, berkutat dengan seremoni penjemputan dan serangkaian ujian di keesokan harinya, tibalah saatnya saya bersama OC's dan EP maen bersama, eh, ada tambahan Horeeeee. . . .
tujuan pertama kami adalah rumah para BOA (Board of Advisor) nya AIESEC LC UD. Nah, kunjungan pertama adalah rumah pak Agung K., dimana beliau adalh seorang entepreneur yang sukses. Beliau menghadiahkan kami sekotak coklat besar berisi cranberries dan juga kue lapis semarang yang yummy banget. Ada udah heboh banget pengen motoin semua makanan yang ada disana. Hahaha. .

tujuan berikutnya adalah rumah Oma Yani, beliau ini bekerja sebagai seorang psikolog. Pas kesana itu kami semua disuguhi teh manis dan tahu gimbal. Then, ketiga temen EP saya itu pada histeris pas liet tahu gimbal. Saya yang kebetulan itu duduk sebelahan sama Brady kena hibah lontong punya dia. ga suka dia ternyata sama lontong. Eh, ternyata dia malah suka banget sama tahu, yaudah deh kita malah barteran. Tahu aku kasih ke dia, dia kasih aku lontongnya semua. Kenyangggggg. . .

Hmm, satu pertanyaan yang paling sering mereka tanyakan ke saya adalah mengapa saya berjilbab. OMG !!!! how can explain it ?
Yah, disinilah keinginan mereka untuk mengenal budaya bertemu kebingungan saya untuk menjelaskannya. Ilmu saya pun kadang belom sampe kesana. But, let me try and its okay. Mengenalkan budaya Indonesia dan masyarakatnya agar mereka mengerti budaya kita ternyata asyik juga ko.

Malamnya kami jalan-jalan ke kota lama. Berfoto di gereja Blenduk dan menghabiskan malam disana. Sayang, saya ga bisa ikut sampe malem, saya cuma ikut sampe jam 20.00 saja. Sedangkan mereka sampe jam 23.00. ckckck. Brady yang paling excited tuh, dia uda ambil spot-spot gereja Blenduk dari berbagai sudut. hheeee.

Hari berikutnya saya kebagian jatah jemput Yehan di Nasima. Dia kerja disana soalnya. Tempo hari pas kita mau ke Kota Lama, Yehan bilang kalo motor saya terlalu gede buat saya. Nah, lhoo, karena saya yang jemput mau ga mau saya boncengin juga kan Yehan. Hahaha, dia pas mau naik uda nanya "are you sure ?" terus neh. ga tau aja kali yaa dia aku uda bawa MOBI (MOntor BIru) ku itu selama tiga tahun lebih.

Destinasi berikutnya sebenernya seh mau ke masjid Agung, tapi Brady mau benerin kameranya dulu, jadilah kami maen ke mall. hhaaaa, tapii, kami ke mall nya naik becak, bukan anik motor atau jalan kaki. Ada ni yang gantian excited banget. Dia motoin bapak-bapak yang ngemudiin becaknya. foto daerah sekitar dari becak, pas turun pun dia minta dipotoin di becak. Ada ada saja ni si Ada.

Jalan-jalan muter mall emang udah biasa kan. Tapi bakalan jadi beda rasanya kalo jalan sama bawa bule Asia kaya gini. Alhasil, mba-mba yang jaga di counter kamera agak kerempongan pas liet kami yang terdiri dari 5 orang tapi dua orang nyerocos pake bahasa mandarin, dua lainnya cas cis cus via english satunya lagi dengan bahasa ibunya tanya "mba, kalo mau mbenerin kamera ini bisa ga ?" Perpaduan yang cantik bukan ? ? ?
[foto dari ka-ki : aphied, Ada, Yehan, Yolla, Brady]

Setelah capek muter-muter, kami ngendon dulu deh di mcd citraland. Ngobrol ngalor-ngidul dan makan es krim as usual. Eh, ekor mata saya lalu menangkap suatu fenomena yang tidak biasa. Brady, bawa sampah es krimnya, ke tempat sampah sendiri, lalu meja tempat ia makan pun dibersihin sendiri sama dia. Waaaa, sebuah kejadian unik aja yang ditemui di Semarang.

kebanyakan orang disini bakalan menunggu pihak restoran/cafe buat bersihin sampah atao meja. Tapi, hari itu aku liat sendiri gitu. Mereka bersih sekali. Pernah denger juga seh dari Serra, EP Indonesia yang pernah internship di Taiwan, kalo orang Taiwan emang cinta kebersihan kaya gitu. Membersihkan meja tempat dia makan kaya uda jadi habit aja buat mereka. Tapi, saya baru menyaksikannya hari itu. Ya, saya sangat bahagia sekali bertemu mereka.
8 Responses
  1. Anonymous Says:

    Good day, sun shines!
    There have been times of troubles when I didn't know about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright pessimistic person.
    I have never imagined that there weren't any need in large starting capital.
    Nowadays, I feel good, I begin to get real income.
    It's all about how to select a correct partner who uses your money in a right way - that is incorporate it in real business, and shares the income with me.

    You may ask, if there are such firms? I'm obliged to tell the truth, YES, there are. Please be informed of one of them:
    http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]


  2. a s t r i d Says:

    apid . ajarin nikin chat room . hahaha .


  3. aphied Says:

    @ astrid :
    crnya hampir sm ky bkn aplikasi jam trid,
    km login d shoutmix/cbox/oggix dl, trs cr kodenya, copas deh.
    hheeee. . .


  4. ririn Says:

    ya ampun apid. u are the only one indonesian there?
    ko sangar men pid,ta gitu aku pulang lagi ke semarang, ikut kamu jalan2.. wkwkw

    tetep bao chun lai yaa,huahaha..
    lo ko bisa ke semarang ngapain to pid? trus nginep dimana? jangan bilang seminggu itu ada bintang2 film asia di nginep di rumahmu,wkwkw


  5. hwaa..kuq bisa dapet pengalaman kayag gitu?..aphied kerja dmana emangnya?..


  6. volver Says:

    hah yang mana si phied orang taiwan di fotonya ? keknya muka indo semua deh haha


  7. reni Says:

    wow aphied,,,seru banget,,kok g ngajak2 sih??huhu. . .kan ak lg di semarang,,,pengen ketemu bao chun lai versi cilik..hihihi. . .


  8. Anonymous Says:

    iqflrdkw infection polished countless summaries picasa finlandtitle tata ivory wikipedia ictthe
    lolikneri havaqatsu